Rozer Gamers High Qualified Pro Gamers.

Tips Membeli PC Rakitan – Pertama, kenali dulu istilah awam komputer ini

1 min read

PC Rakitan

Harga pasaran komponen PC saat ini sudah kembali normal. Banyak orang tertarik untuk membangun PC mereka sendiri. Melihat banyaknya orang awam yang memiliki rencana seperti itu, rasanya Anda membutuhkan panduan khusus agar tidak salah langkah dan akhirnya membeli PC dengan spesifikasi jauh di bawah standar saat ini.

Bahkan, bagi Anda yang malas atau tidak paham dengan istilah dunia komputer bisa membeli PC yang sudah tersedia di pasaran. Namun, agar tidak tertipu oleh penjualnya, setidaknya Anda harus mengetahui beberapa istilah umum komputer agar PC yang Anda beli sesuai dengan harganya.

Tips membeli PC rakitan dengan rasio harga-performa yang wajar
Tips Membeli PC Rakitan Tips Membeli PC Rakitan yang perlu Anda ketahui

Satu lagi, tips dalam artikel ini juga berlaku untuk laptop dan tidak hanya menempel di komputer desktop. Jadi jika Anda ingin merakit PC atau membeli perangkat yang sudah jadi, Anda dapat melihat terlebih dahulu syarat-syarat yang telah penulis susun. Tanpa basa-basi lagi, mari kita bicarakan.

Istilah awam komputer pertama yang perlu Anda pahami adalah generasi prosesor. Tolok ukur untuk generasi prosesor bermerek Intel dan AMD sedikit berbeda, dan Anda harus berhati-hati saat menawarkan PC yang sudah jadi.

Pada umumnya, prosesor Intel lebih mudah diidentifikasi berdasarkan generasinya. Sebagai contoh, saya akan menggunakan Intel Core i5-6500 dalam perakitan PC. Yang perlu diwaspadai adalah angka di belakang i5 yang bertuliskan 6500. Secara umum, angka pertama menunjukkan generasi prosesor yang dirilis. Digit setelah itu adalah kelas tempat prosesor berada.

Jadi Intel Core i5-6500 adalah prosesor generasi ke 6 dari seri Intel Core dan angka 5 adalah kode untuk kategori i5 itu sendiri. Semakin rendah angka pertama, semakin tua prosesornya. Semakin tinggi digit kedua, semakin tinggi kelas prosesornya. Saat tulisan ini dibuat, Intel berada di peringkat ke-13 dan biasanya akan ada generasi baru minimal setahun sekali.

Sedangkan untuk AMD agak ribet karena tim merah sudah berkali-kali mengganti codename prosesornya. Sebagai panduan umum, coba cari prosesor model Ryzen dan hindari seri FX. Untuk lebih mudahnya saya akan memberikan contoh Ryzen 5 2600, dimana casenya sama dengan Intel, 4 digit menunjukkan generasi dari prosesor tersebut.

Digit pertama mewakili generasi dan digit berikutnya menunjukkan kelas. Berbeda dengan Intel, AMD menggabungkan lini prosesor desktop dan laptopnya menjadi satu generasi, namun menggunakan nomor depan yang berbeda. Jadi membaca generasi prosesor AMD agak susah. Anda perlu melakukan riset mesin pencari terlebih dahulu.

Polresmalangkota.id

5/5 - (1 vote)
Rozer Gamers High Qualified Pro Gamers.

Expert Raw APK

Apakah Anda pengguna smartphone Samsung? Sekarang netizen mencari aplikasi Expert Raw APK karena aplikasi ini dapat membuat kamera ponsel Samsung Anda keren. Dengan kemajuan...
Rozer Gamers
2 min read

Tautan Unduhan Skrip Megatron Granger Transformer Skin 100% berfungsi

Baru-baru ini Mobile Legends bermitra dengan Transformer, 3 hero yang mendapatkan skin ini, Johnson, Granger dan X-Borg. Skin keren ini baru saja dirilis dan...
Rozer Gamers
42 sec read